Kamis, 23 Agustus 2012

Tips Pola Makan yang Sehat

05.37

Makan dan minum adalah kegiatan yang tidak bisa dihindari oleh manusia. Tiap hari kita membutuhkan makan dan minum untuk mengisi tenaga dan kebutuhan dalam tubuh. Seiring perkembangannya, orang juga makan untuk memuaskan cita rasa dengan membuat makanan-makanan yang enak dari berbagai macam bahan. 



Tips Pola Makan yang Sehat

Namun kita tidak boleh asal sembarang makan, karena pola makan yang salah malah dapat menimbulkan penyakit. Ada beberapa tips untuk mengatur pola makan yang sehat.

Inilah beberapa tips pola makan yang sehat :
  • Perbanyaklah memakan buah-buahan dan sayur-sayuran karena buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang berkhasiat bagi tubuh.
  • Jangan terlalu banyak memakan makanan berlemak tinggi, seperti margarine, mentega, dan santan. Ada baiknya dapatkan asupan lemak alami dari kacang-kacangan atau biji-bijian. 
  • Pilih daging yang tak berlemak, makanan kuah bening, susu kedelai, susu rendah lemak, putih telur, yogurt, atau ikan sebagai sumber protein yang bagus. Sebisa mungkin jangan makan jeroan, otak, kulit ayam, kuning telur, atau makanan kuah santan kental.
  • Pilihlah makanan/minuman yang berwarna putih alami dan bukan dibleach. Usahakan memakai pewarna dari bahan makanan, seperti coklat dari bubuk coklat, kuning dari kunyit, dan hijau dari daun suji. Jangan gunakan bahan kimia apapun sebagai pewarna makanan.
  • Jangan terlalu banyak menambahkan saus, kecap, garam, atau bumbu-bumbu penyedap lain secara berlebihan. Tambahkan secukupnya saja.
  • Olahlah makanan dengan metode yang baik, seperti dimasak, dikukus, ditumis, atau direbus, karena teknik pengolahan makanan dapat mempengaruhi mutu makanan itu sendiri.
  • Jangan gunakan bahan pengawet dalam jangka waktu yang panjang, karena dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker.
  • Perbanyaklah meminum air putih (air mineral) kurang lebih 8 gelas sehari. Jangan meminum minuman yang beralkohol, bersoda, atau minuman dengan kadar gula dan kafein yang tinggi.
  • Perbanyak meminum jus sayuran dan jus buah, karena itu baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

(zakipedia)

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 TOPSCORE AND NEWS. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top