Rabu, 23 Oktober 2013

Albania Bersaing untuk Dapatkan Januzaj

22.14


Polemik mengenai status kewarganegaraan pemain muda berbakat Manchester United, Adnan Januzaj terus berlanjut. Situasi semakin kisruh setelah (FSHF) Asosiasi Sepak bola Albania mengklaim kalau mereka menginginkan gelandang Setan Merah itu. Januzaj tengah menjadi perbincangan berkat penampilannya yang memukau bersama Manchester United. Pemain muda yang baru berusia 18 tahun itu tengah menyedot perhatian setelah berhasil mencatat dua gol dari empat pertandingan Liga Primer yang telah dijalaninya musim ini. Hal tersebut jelas membuat sejumlah Negara tertarik untuk memakai jasa nya.

Tercatat hingga saat ini, ada lebih dari empat Negara yang mengaku ingin menggunakan jasa nya. Negara – Negara tersebut di antaranya adalah Belgia, Albania, Kosovo, Turki, Kroasia, Serbia dan yang terakhir adalah Inggris. Hal ini terjadi lantaran Januzaj dipercaya bisa mewakili Negara tersebut berkat prestasinya yang tengah gemilang. Adapun Belgia yang kini mengklaim sebagai yang paling berhak memiliki Januzaj berdasarkan tempat kelahirannya. Pasalnya, mantan pemain Anderlecht itu menghirup udara untuk pertama kalinya di Brussels.

Sementara Albania memiliki alasan yang berbeda. Mereka menyatakan, Januzaj sudah sepantasnya bermain untuk Shqiponjat , julukan Albania, terkait silsilah keturunan. Leluhurnya, termasuk sejumlah anggota keluarga Januzaj, disebutkan berasal dari Albania. Bahkan, salah satu pamannya dianggap sebagai pahlawan di Albania. Atas dasar itulah, FSHF mendesak Januzaj untuk memilih Albania yang notabene tempat kelahiran ayah nya sebagai tempatnya berlabuh. “Kami siap melakukan apa saja agar bisa mendapatkan Januzaj. Kami akan dengan senang hati menyambutnya di timnas. Dengan demikian, dia bisa memberi kontribusi pada masyarakat Albania,” ujar FSHF, dilansir Sportsmole.



FSHF bertekad untuk tidak memberikan kesempatan kepada Negara lain mendapatkan Januzaj. Mereka akan mengambil langkah apa pun agar Januzaj bisa mengenakan seragam merah dan hitam. Karena dengan bakat dan performanya yang kian gemilang, dia bisa membantu mengembangkan persepakbolaan Albania. FSHF berujar “Seperti yang kami lakukan terhadap pemain lain yang sudah membela timnas Albania, kami tidak akan ragu – ragu meneruskan misi ini (mendapatkan Adnan Januzaj). Kami tidak akan terpengaruh atau kalah akibat tekanan dari pihak luar. Kami memberinya kesempatan untuk meneruskan warisan keluarga”.

Penegasan ini diutarakan FSHF karena tidak hanya bersaing dengan Belgia. Kosovo merasa berhak mendapatkan pemain kelahiran Brussels, Belgia ini karena alasan yang sama. Pasalnya, ada beberapa anggota keluarga Janizaj yang memiliki darah Kosovo. Nyatanya, paman Januzaj lainnya pernah ikut Front Pembebasan Kosovo ketika perang Kosovo. Sementara itu, Turki memiliki dalil lain dalam memperebutkan jasa Janizaj. Ya, keluarganya memang pernah tinggal cukup lama di Turki setelah mengalami deportasi pemerintahan Yugoslavia. Sementara Kroasia dan Serbia mengacu tata letak wilayah.

Sementara itu, Inggris memiliki alasan yang berbeda pula. Januzaj kabarnya bisa bergabung dengan The Three Lions lantaran domisili. Namun, Inggris tampaknya harus menunggu lebih lama lagi. Pasalnya, Januzaj baru menetap di Inggris mulai 2011 sejak ia baru pertama kali memulai karirnya di Manchester United pada saat ia baru saja menginjak usia 16 tahun. Pada 17 Oktober 2013 ini kemarin, Ayah Januzaj tengah mendiskusikan kemungkinan bagi anaknya untuk tampil mewakili negara – negara lainnya, sebut saja seperti Turki, Kroasia, dan Serbia.

Ayah nya berujar “Kami memang tidak memiliki hubungan langsung dengan negara – negara tersebut. Saya tidak habis pikir bagaimana orang – orang bisa menduga kalau Adnan hendak bermain untuk Serbia karena hal itu sudah pasti tidak mungkin terjadi. Mungkin sebagian orang berpikir karena Yugoslavia memiliki banyak negara – negara bagian, maka mereka berhak memberikan kewarganegaraan bagi Adnan dan memaksanya bergabung untuk bermain bersama tim nasional mereka. Tetapi, Turki, Serbia atau pun Kroasia tidak mempunyai hak untuk memiliki Adnan”.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 TOPSCORE AND NEWS. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top